Infaq Online Untuk Para Dhuafa

Berinfaq adalah salah satu perintah dari Allah SWT yang harus dilakukan oleh semua umat muslim terutama bagi Anda yang mampu. Kata infaq sering disandingkan dengan kata sedekah sehingga banyak orang yang bingung membedakan keduanya. Perlu untuk diingat bahwa infaq dan sedekah merupakan dua amalan yang memiliki arti berbeda. Meskipun sering disamakan, namun infaq dan sedekah memiliki perbedaan yang mungkin masih banyak yang belum menyadarinya. Simak lebih lanjut untuk mengetahui lebih jelasnya!

Infaq Online Untuk Para Dhuafa

Apa Itu Infaq?

Pengertian dari infaq adalah mengeluarkan sebagian harta yang dimiliki untuk jalan Allah. Penerima infaq itu sendiri merupakan orang-orang miskin yang beragama Islam, kepada orang-orang yang baru tertimpa bencana, dan lain-lain. Semua orang yang membutuhkan bisa menerima infaq tersebut dengan syarat harus beragama Islam. Meskipun belum diberi kaya oleh Allah SWT, tetap saja dianjurkan untuk menginfaqkan sebagian harta dalam rangka beriman kepada Allah.

Dari pengertian infaq diatas tentu sangat berbeda dengan sedekah, karena sedekah adalah mengeluarkan sebagian harta untuk kemaslahatan umum atau dengan artian meringankan beban orang lain dan membuat muslim lainnya jadi lebih taat dalam beribadah. Sedekah memiliki arti yang lebih luas dibandingkan dengan infaq. Dari sini sudah jelas terlihat perbedaannya bukan?

Kembali lagi pada infaq, melaksanakan infaq dalam waktu lapang maupun sempit adalah salah satu perintah dari Allah SWT agar kita sebagai umat Islam bisa mengasihi sesama, belajar iklas, sabar, dan juga tawakal. Dalam situasi seperti sekarang ini yaitu pandemi corona tentu banyak sekali saudara muslim yang sedang membutuhkan bantuan sesama muslim. Namun, karena pandemi corona sangat berbahaya dan dianjurkan untuk tidak berinteraksi satu sama lain menunaikan infaq bisa saja terhambat. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Infaq Online Solusi Beribadah di Tengah Pandemi Corona

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah dengan menunaikan infaq secara online. Tidak hanya infaq, sedekah dan zakat pun juga bisa dilaksanakan dengan cara online. Di era digital seperti sekarang ini semua bisa menjadi lebih mudah hanya melalui online dan pastinya sangat menguntungkan di tengah pandemi corona. Terdapat beberapa aplikasi infaq online yang memudahkan Anda berinfaq untuk para dhuafa dan orang lain yang membutuhkan.

Aplikasi-aplikasi yang tersedia tentunya merupakan aplikasi yang aman dan amanah dan bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan infaq kepada para dhuafa. Penasaran dengan aplikasi-aplikasi tersebut? Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk infaq online.

Aplikasi Infaq Online Untuk Para Dhuafa

  1. Bazis Jakarta

Khusus bagi Anda yang tinggal di Jakarta, memanfaatkan aplikasi yang satu ini adalah hal yang cukup bagus terutama jika Anda berniat untuk menginfaqkan sebagian harta namun bingung kemana. Bazis Jakarta akan membantu Anda dalam menyalurkan infaq dan sedekah di sekitar Provinsi DKI Jakarta. Aplikasi Bazis ini dirancang untuk memudahkan muzakki (pemberi infaq) melakukan transaksi secara transparan. Anda tidak perlu khawatir karena Baznas sangat terpercaya, Anda bisa melihat laporan pengumpulan sekaligus pendayagunaan infaq yang disalurkan oleh para muzakki kepada yang lebih membutuhkan.

Transaksi juga bisa dilakukan secara mudah, terdapat pula panduan yang bisa Anda pelajari setelah membuka aplikasi Baznas. Dengan demikian Anda tentu tetap bisa berbuat baik kepada sesama dengan cara infaq online di tengah pandemi corona seperti sekarang ini kan?

  1. Fastabika Weshare

Nah, berbeda dengan cara kerja Baznas, aplikasi Fastabika Weshare merupakan aplikasi yang tercipta dari gerakan komunitas Indonesia Tahajjud. Tidak hanya menampung infaq dari pada muzakki, Fastabika Weshare memiliki target dalam memberikan infaq kepada para dhuafa diantaranya santunan yatim dan dhuafa,  rumah tahfidz untuk yatim dan dhuafa, dan beasiswa tahfidz untuk yatim dan dhuafa.

Dengan demikian diharapkan orang yang lebih membutuhkan bisa mendapatkan kebahagiaan salah satunya dari para muzakki yang menyalurkan infaq melalui Weshare. Selain bisa beramal, setelah mendowload aplikasi ini Anda juga bisa belajar lebih mendalami Islam karena terdapat kumpulan hadist, doa-doa, arah kiblat, jadwal sholat, dan lain sebagainya.

  1. PayTren

Semua orang pasti sudah tidak asing dengan aplikasi Pay Tren bukan? Aplikasi yang diciptakan oleh Ustadz Yusuf Manshur ini memang memberikan layanan yang sangat banyak dan menguntungkan bagi masyarakat Indonesia. Ternyata selain digunakan untuk pembelian pulsa, tiket pesawat, token PLN, dan lain sebagainya, Anda juga bisa menyalurkan sedekah melalui aplikasi yang satu ini.

Jika sudah mendowload aplikasi PayTren, silahkan memilih fitur sedekah dan segera tunaikan infaq Anda. Infaq dan sedekah melalui PayTren akan disalurkan melalui PPPA Darul Quran Nusantara. Bagi Anda yang memang ingin berinfaq melalui PayTren silahkan untuk download aplikasinya dan tebar kebaikan mulai dari sekarang.

  1. Kapiler

Setiap aplikasi pasti berbeda teknisnya, begitu juga dengan Kapiler. Aplikasi Kapiler menjadikan muzakki bisa terhubung secara langsung dengan panti asuhan dan juga para dhuafa. Dengan memanfaatkan aplikasi yang satu ini Anda bisa memberikan bantuan kepada panti asuhan yang membutuhkan di seluruh Indonesia. Hal ini tentu menjadi langkah sederhana yang mampu berdampak positif bagi masyarakat dan terutama bagi yang membutuhkan.

Namun kelemahannya, masih banyak panti asuhan di Indonesia yang belum terdata sehingga menghambat penyaluran infaq kepada yang membutuhkan. Namun Kapiler akan berusaha untuk terus meningkatkan aplikasinya sehingga bisa menjangkau seluruh panti asuhan yang membutuhkan.

  1. Rumah Zakat

Aplikasi terakhir yang bisa menjadi pilihan untuk infaq online adalah Rumah Zakat. Rumah Zakat bekerja sama dengan PT. Dihital Jaya Solusi mampu meluncurkan aplikasi bernama Z-Mobile, fungsinya untuk memudahkan muzakki dan para donatur tetap untuk berinfaq, bersedekah, dan menunaikan zakat. Setelah Anda mendownload aplikasi Rumah Zakat bebebrapa fitur yang akan Anda dapatkan diantaranya adalah berita khusus dari Rumah Zakat, kalkulator zakat yang bisa Anda gunakan untuk belajar menghitung zakat, informasi seputar zakat dan sebagainya.

Meskipun utamanya adalah digunakan untuk zakat, namun infaq dan sedekah juga bisa melalui aplikasi ini. Hal yang perlu Anda ingat jika memutuskan untuk menggunakan aplikasi ini dalam berinfaq secara online diantaranya:

-        Rumah Zakat menggunakan template code yang membuat banyak permission meskipun aplikasi tidak digunakan.

-        Rekening Rumah Zakat sengaja dibedakan antara di website dengan yang di aplikasi. Hal tersebut bertujuan untuk melihat jumlah orang yang berdonasi melalui aplikasi.

-        Nama rekening adalah Rumah Zakat, jika berbeda hentikan transaksi Anda.

Itulah informasi seputar infaq online yang perlu Anda fahami sejak sekarang. Di era digital seperti sekarang ini semua memang bisa dilakukan dengan mudah. Hanya dengan melalui smartphone dan mendowload aplikasi, Anda sudah bisa menyalurkan infaq Anda kepada sesama muslim yang membutuhkan dan untuk membersihkan harta Anda. Silahkan download aplikasi infaq online dan mulailah untuk menebar kebaikan tanpa mengharapkan balasan sekarang juga. Semoga bermanfaat!

0 comments