Uno Stacko, Bagaimana Cara Main dan Aturannya?

Uno Stacko adalah salah satu mainan yang seru dan bisa dinikmati bersama-sama saat Sahabat nongkrong bersama teman maupun keluarga. Apalagi, bisa dibilang kalau tidak ada batasan jumlah pemain untuk bisa memainkan mainan ini – berdua atau bersepuluh, Uno Stacko tetap seru, lho!

Uno Stacko, Bagaimana Cara Main dan Aturannya

Ada berbagai alasan mengapa mainan ini sangat disukai, dan salah satunya adalah sensasi deg-degan dan geregetan karena setiap pemain akan berusaha agar tidak menjatuhkan menara balok kayu. Karena jika menara jatuh ketika pemain memindahkan atau menyusun balok kayu, pemain tersebut kalah dan bisa mendapatkan hukuman dari para pemain lainnya.

Cara memainkan Uno Stacko pun bisa dilakukan baik menggunakan dadu, maupun langsung tanpa dadu. Kalau Sahabat memainkannya dengan dadu, permainan ini pun mirip dengan permainan lainnya, yaitu Jenga. Di samping itu, permainan ini juga melibatkan unsur matematika, yang membuatnya lebih seru lagi.

Cara Main Uno Stacko Tanpa Dadu 

1. Pertama, susun dulu balok kayunya secara bertingkat, dengan 3 balok untuk masing-masing tingkat. Susunan balok dibuat menyilang antara baris satu dan berikutnya – misal baris ganjil disusun vertikal, baris genap disusun horizontal. Susun sampai semua balok kayu terpakai.

2. Secara bergantian, setiap pemain mengambil balok yang ada di bawah atau tengah. Kemudian, balok yang sudah diambil diletakkan di tingkat paling atas menara dengan cara yang bebas. Balok hanya boleh diambil dengan satu tangan. Bahkan, bisa juga diterapkan aturan kalau balok hanya boleh diambil dengan dua jari, lho!

3. Pemain berikutnya meletakkan balok kayu di atas balok yang diletakkan pemain sebelumnya.

4. Permainan terus berlanjut sampai menara roboh.

Cara Main Uno Stacko dengan Dadu

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, cara main Uno Stacko menggunakan dadu ini mirip dengan Jenga. Nantinya, setiap pemain hanya boleh mengambil balok kayu yang angkanya muncul setelah mengocok dadu. Sedangkan sisanya mirip seperti cara bermain Uno Stacko tanpa dadu. Soal tanda matematika, Sahabat bisa buat kesepakatan dengan teman apa tanda yang ingin digunakan (+, -, x, atau :).

Komponen Uno Stacko

Dalam satu set Uno Stacko, Sahabat bisa temukan balok-balok berikut ini beserta jumlahnya:

• Balok biru = 8.

• Balok merah = 8.

• Balok hijau = 8.

• Balok kuning = 8.

• Balok draw two = 4.

• Balok reverse = 4.

• Balok skip = 4.

• Balok wild = 1.

Baca Juga : Perhatikan 5 Hal ini Saat Membaca Review Catokan Philips

Kemudian, ada juga jenis-jenis balok dalam Uno Stacko berikut ini serta penjelasannya. Oh iya, jenis-jenisnya serupa dengan permainan kartu Uno, ya!

• Balok angka adalah balok dengan angka tercetak pada masing-masing sisi, dengan angka 1 sampai 4. Balok angka terdapat pada balok warna Uno Stacko, yaitu biru, merah, hijau, dan kuning.

• Balok reverse atau turn around adalah balok dengan simbol panah yang arahnya saling berlawanan. Tanda dari balok ini adalah memutar balik giliran pemain – misal urutan awal adalah A-B-C-D, lalu diubah jadi D-C-B-A.

• Balok draw two adalah balok dengan lambang dua kotak pada masing-masing sisinya. Jika pemain mendapatkan balok ini, pemain harus mengambil 2 balok yang warnanya sama.

• Balok skip adalah balok yang punya lambang lingkaran yang dicoret. Jika Sahabat mendapatkan balok ini, pemain berikutnya akan dilewati (di-skip) dalam satu putaran tersebut.

• Balok wild adalah balok berwarna ungu yang yang bisa diambil pemain kapan saja. Apabila Sahabat mendapatkan balok ini, Sahabat bisa tentukan sendiri apa warna balok yang perlu diambil pemain setelah Sahabat.

0 comments